APKG 1 dan 2: Tampilan Dokumen dan Peta Jaring-Jaring Tematik Pembelajaran Terpadu SD Kelas 1
Apkg 1 dan 2 SD Kelas 1: Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?
Apakah Anda seorang guru SD kelas 1 yang ingin meningkatkan kemampuan Anda dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran terpadu? Jika ya, maka Anda perlu mengenal Apkg 1 dan 2. Apa itu Apkg 1 dan 2? Bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini.
Pengertian Apkg 1 dan 2
Apkg adalah singkatan dari Alat Penilaian Kemampuan Guru. Ini adalah sebuah instrumen yang digunakan untuk mengukur sejauh mana guru memiliki kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema penghubung. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan, dan relevan bagi siswa.
apkg 1 dan 2 sd kelas 1
Apkg terdiri dari dua jenis, yaitu Apkg 1 dan Apkg 2. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing jenis Apkg.
Apkg 1: Alat Penila ian Kemampuan Guru dalam Merencanakan Pembelajaran Terpadu
Apkg 1 adalah alat penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran terpadu. Dalam Apkg 1, guru diminta untuk membuat sebuah dokumen rencana pembelajaran terpadu yang mencakup tema, bahan pembelajaran, tujuan/indikator, materi, media, sumber belajar, skenario kegiatan, pengelolaan kelas, dan penilaian. Selain itu, guru juga diminta untuk membuat sebuah lembar peta jaring-jaring tematik yang menunjukkan hubungan antara tema dan mata pelajaran yang terintegrasi.
Apkg 1 terdiri dari 7 butir penilaian, yaitu:
Menentukan tema, bahan pembelajaran, dan tujuan/indikator
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran terpadu
Merancang pengelolaan kelas
Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian
Tampilan dokumen rencana pembelajaran terpadu
Tampilan lembar peta jaring-jaring tematik
Setiap butir penilaian memiliki skala nilai dari 1 sampai 4, dengan kriteria sebagai berikut:
Skala Nilai
Kriteria
1
Tidak memenuhi standar minimal
2
Memenuhi standar minimal dengan beberapa kekurangan
3
Memenuhi standar yang diharapkan dengan beberapa kelebihan
4
Memenuhi standar yang diharapkan dengan sangat baik
Apkg 2: Alat Penilaian Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Terpadu
Apkg 2 adalah alat penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran terpadu. Dalam Apkg 2, guru diminta untuk merekam video kegiatan pembelajaran terpadu yang telah direncanakan dalam Apkg 1. Video tersebut harus menunjukkan bagaimana guru menyampaikan tujuan/indikator, melaksanakan kegiatan, menggunakan media/alat bantu, memberikan motivasi, mengorganisasikan siswa, melakukan penilaian, dan memberikan umpan balik kepada siswa.
Apkg 2 terdiri dari 7 butir penilaian, yaitu:
Menyampaikan tujuan/indikator pembelajaran terpadu kepada siswa
Melaksanakan kegiatan pembelajaran terpadu sesuai dengan skenario yang direncanakan
Menggunakan media/alat bantu pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kegiatan pembelajaran terpadu
Memberikan motivasi kepada siswa agar berpartisipasi aktif dalam pembelajaran terpadu
Melakukan pengorganisasian siswa yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran terpadu
Melakukan penilaian proses dan hasil pembelajaran terpadu sesuai dengan prosedur dan jenis yang direncanakan
Memberikan umpan balik kepada siswa tentang hasil belajar mereka dalam pembelajaran terpadu
Sama seperti Apkg 1, setiap butir penilaian dalam Apkg 2 juga memiliki skala nilai dari 1 sampai 4, dengan kriteria yang sama.
apkg 1 dan 2 pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 penilaian kemampuan guru sd
apkg 1 dan 2 rpp tematik sd kelas 1
apkg 1 dan 2 lembar penilaian pembelajaran sd
apkg 1 dan 2 pengembangan materi dan media sd
apkg 1 dan 2 skenario kegiatan pembelajaran terpadu sd
apkg 1 dan 2 pengelolaan kelas dan motivasi siswa sd
apkg 1 dan 2 prosedur dan jenis penilaian pembelajaran sd
apkg 1 dan 2 tampilan dokumen rencana pembelajaran terpadu sd
apkg 1 dan 2 peta jaring-jaring tematik sd kelas 1
apkg 1 dan 2 contoh rencana pembelajaran terpadu sd
apkg 1 dan 2 studi kasus pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 analisis rencana pembelajaran terpadu sd
apkg 1 dan 2 evaluasi kemampuan merencanakan pembelajaran terpadu sd
apkg 1 dan 2 modul pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 bahan ajar pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 strategi pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 implementasi pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 laporan hasil pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 refleksi pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 pengembangan profesional guru sd melalui pembelajaran terpadu
apkg 1 dan 2 peran tutor dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 permasalahan dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 solusi dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 manfaat dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 karakteristik dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 prinsip dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 model dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 pendekatan dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 langkah-langkah dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 komponen dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 indikator dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 standar isi dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 kompetensi dasar dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 tujuan dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 materi dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 sumber belajar dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 alokasi waktu dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg 1 dan 2 alat bantu dalam pembelajaran terpadu di sd
apkg
Tujuan dan Manfaat Apkg 1 dan 2
Tujuan Apkg 1 dan 2
Tujuan dari Apkg 1 dan 2 adalah untuk:
Meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran terpadu yang bermakna, menyen angkan, dan relevan bagi siswa
Memfasilitasi guru untuk melakukan refleksi dan evaluasi diri terhadap kinerja mereka dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran terpadu
Memberikan umpan balik yang konstruktif dan saran perbaikan yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terpadu
Mendorong guru untuk terus belajar dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran terpadu yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa
Manfaat Apkg 1 dan 2
Manfaat dari Apkg 1 dan 2 adalah untuk:
Membantu guru dalam memahami konsep, prinsip, dan langkah-langkah pembelajaran terpadu
Membantu guru dalam mengembangkan kreativitas, keterampilan, dan profesionalisme dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran terpadu
Membantu guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik
Membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran terpadu yang dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa secara holistik
Cara Mengisi dan Menilai Apkg 1 dan 2
Cara Mengisi Apkg 1
Berikut adalah cara mengisi Apkg 1 secara singkat:
Menentukan tema, bahan pembelajaran, dan tujuan/indikator
Dalam langkah ini, guru harus menentukan tema yang akan digunakan sebagai penghubung antara beberapa mata pelajaran yang akan terintegrasi. Tema harus sesuai dengan kurikulum, relevan dengan kehidupan siswa, dan menarik minat mereka. Selain itu, guru juga harus menentukan bahan pembelajaran yang akan digunakan sebagai sumber informasi dan pengetahuan bagi siswa. Bahan pembelajaran harus sesuai dengan tema, materi, dan tujuan/indikator pembelajaran. Tujuan/indikator pembelajaran adalah hasil yang diharapkan dicapai oleh siswa setelah mengikuti pembelajaran terpadu. Tujuan/indikator harus spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan memiliki batas waktu.
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
Dalam langkah ini, guru harus mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan tema, bahan pembelajaran, dan tujuan/indikator pembelajaran. Materi pembelajaran harus disajikan secara sistematis, logis, dan menarik. Guru juga harus mengorganisasikan materi pembelajaran menjadi beberapa subtema atau subtopik yang saling berkaitan. Selain itu, guru juga harus menyiapkan media pembelajaran yang dapat mendukung proses penyampaian materi kepada siswa. Media pembelajaran harus sesuai dengan materi, kegiatan, dan karakteristik siswa. Media pembelajaran dapat berupa gambar, video, audio, grafik, tabel, dll. Guru juga harus menyiapkan sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa untuk mencari informasi tambahan atau melakukan kegiatan mandiri. Sumber belajar dapat berupa buku teks, buku referensi, internet, dll.
Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran terpadu
Dalam langkah ini, guru harus merencanakan skenario kegiatan pembelajaran terpadu yang akan dilakukan oleh siswa selama proses pembelajaran. Skenario kegiatan harus mencakup tahapan-tahapan pembelajaran terpadu, yaitu:
Pendahuluan: tahap awal untuk membangkitkan motivasi dan minat siswa terhadap tema atau materi yang akan